Inilah Manfaat Rockwool sebagai Media Tanam Hidroponik, Selain Penggunaannya Pada Bangunan!

Rockwool adalah jenis serat mineral yang berasal dari bebatuan dan sering dipakai dalam bahan bangunan. Misalnya untuk peredam suara atau peredam panas. Namun, selain dipakai sebagai bahan untuk bangunan, ternyata rockwool dapat dijadikan sebagai  media alternatif dalam tanaman hidroponik. Hidroponik merupakan salah satu cara bercocok tanam yang memakai media selain tanah seperti serut kayu, air, sekam, atau rockwool dan lebih menekankan asupan untuk nutrisi tanaman.

Rockwool Tanaman

Kelebihan Rockwool sebagai Media Tanam Hidroponik

Pada saat ini sudah banyak toko yang jual rockwool murah. Apabila dibandingkan dengan jenis media tanam yang lainnya, rockwool ternyata memiliki beberapa keunggulan dan daya tahan lebih lama. Selain awet, inilah beberapa kelebihan rockwool lainnya sebagai media tanam hidroponik.

  • Bebas dari Patogen Penyakit

Proses pembuatan rockwool merupakan campuran dari berbagai macam batuan dan dipanaskan dengan suhu mencapai 1.600 °C, sehingga membuat bakteri yang ada di dalamnya menjadi mati. Itulah sebabnya rockwool sangat aman digunakan sebagai media tanam dan tumbuhan juga terhindar dari penyakit yang bisa mengganggu pertumbuhan.

  • Daya Tampung terhadap Air lebih Banyak 14 Kali Lipat Dibandingkan Tanah

Meskipun harga rockwool murah, namun rockwool memiliki serat yang begitu rapat dan membuat daya tampung airnya sangat kuat. Hal ini menyebabkan air dapat bertahan lama di dalam media tanam rockwool dan membuat tanaman jadi tidak cepat layu. Berbeda halnya jika menggunakan media tanam lain, misalnya tanah. Air akan lebih cepat meresap ke tanah sehingga membuat kebutuhan air untuk tanaman menjadi kurang dan mengakibatkan tanaman layu atau mati.

  • Membantu Penyerapan Pupuk pada Tanaman

Dalam tanamam hidroponik pada umumnya pupuk yang akan digunakan yaitu pupuk jenis cair dan dilarutkan di air. Untuk cara kerjanya yaitu memakai sistem kapilaris, artinya akar yang akan bekerja dalam penyerapan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman. Rockwool sangat berperan penting dalam penyerapan nutrisi ini karena sebagai media tanam, rockwool dapat menampung air lebih lama sehingga penyerapan pupuk menjadi lebih optimal.

Baca juga: Ini Dia Inspirasi Kreasi Tampilan Lantai Rumah Yang Cantik Dan Elegan

  • Dapat Menunjang Pertumbuhan pada Tanaman

Jika ingin menggunakan rockwool sebagai media tanam, bisa didapatkan di toko yang jual rockwool murah. Rockwool merupakan serat alami yang terbuat dari bebatuan, serat – serat ini lebih mudah ditembus akar tanaman. Itulah sebabnya rockwool dapat menunjang pertumbuhan pada tanaman dengan lebih baik. Akar tanaman menjadi kuat masuk ke dalam media rockwool sehingga tanaman dapat tumbuh dengan subur meskipun tanpa tanah.

Walaupun rockwool tampak seperti bahan yang cepat hancur, tetapi ternyata rockwool cukup kuat sehingga bisa digunakan berulang kali. Tentu saja hal ini akan membuat lingkungan lebih  sehat dan bisa membantu dalam menghemat biaya. Selain itu, dengan penggunaan rockwool bisa untuk meminimalkan pemakaian desinfektan pada tanaman karena bahan rockwool yang bebas dari berbagai patogen.

Pemakaian rockwool ternyata tidak hanya dimanfaatkan pada bangunan dan media tanam hidroponik saja. Namun juga digunakan untuk berbagai macam kebutuhan lainnya, misalnya sebagai pelindung pada pipa supaya tidak mudah terkena korosi, untuk meredam suara  dan sebagai pelindung pada kapal agar tidak cepat lembab, sehingga tidak mudah terkena jamur. Pada umumnya di toko – toko bahan bangunan, media rockwool di jual dengan bentuk lembaran yang dikemas di dalam plastik atau bisa juga berbentuk gulungan roll besar. Di pasaran terdapat 2 (dua) kualitas jenis rockwool, yaitu harga rockwool murah yang tidak bermerk dan rockwool dengan kualitas tinggi dengan harga mahal yang sudah bermerk terkenal.