5 Faktor Perbedaan Kusen Aluminium Dan Kusen Kayu

Hargabarangsipil.com – Terkadang orang akan bingung untuk memilih bahan mana yang paling unggul untuk digunakan sebagai kusen, apakah kusen aluminium atau kusen kayu. Kedua bahan ini memiliki keunggulannya masing-masing tergantung dari lokasi dan kebutuhan setiap pengguna. Saat pembuatan kusen, terdapat beberapa proses yang harus dikerjakan dengan baik seperti pengukuran ketebalan dan lain sebagainya.

kusen aluminium

Kebanyakan orang di zaman modern sekarang ini lebih suka menggunakan kusen ini karena harga kusen aluminium lebih murah dibandingkan dengan kayu. Namun bukan berarti kusen kayu tidak memiliki daya tarik. Kusen kayu mampu menghadirkan suasana yang lebih asri dan nyaman. Kesan etnik dan tradisional akan terpancar dari kusen kayu dan membuatnya terlihat menawan. Sebelum memilihnya, sebaiknya Anda sesuaikan terlebih dahulu dengan anggara dan juga kebutuhan. Dengan begitu Anda bisa memilih jenis kusen yang tepat.

Berikut Beberapa Perbedaan kusen Aluminium dan Kusen Kayu

kusen kayu

Jika membahas tentang harga, tentu harga kusen aluminium akan jauh lebih murah dibandingkan dengan kusen kayu. Hal tersebut terjadi karena terdapat alasan yang mendasarinya. Selain dari segi harga, masih terdapat beberapa perbedaan antara kusen kayu dan kusen jenis aluminium. Untuk bisa memilih bahan kusen dengan tepat, Anda perlu memahami dengan baik tentang perbedaan kedua bahan tersebut. Berikut informasinya.

1. Daya tahan

Kusen jenis aluminium terbuat dari bahan anti keropos, awet dan tidak mungkin dimakan rayap. Sedangkan kusen kayu terbuat dari material yang mudah keropos dan dimakan rayap. Apalagi jika lokasi kusen cukup lembab dan sering terkena air. Hal ini membuat penggunaan kusen ini dianggap lebih efektif dan memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan kusen kayu.

2. Perawatan

Kusen jenis aluminium juga tidak membutuhkan perawatan khusus karena materialnya yang sudah lebih kokoh. Untuk merawat kusen ini Anda hanya perlu membersihkannya secara teratur saja dengan menggunakan lap basah. Berbeda dengan material kayu yang membutuhkan perawatan khusus, karena jika terlalu lembab atau kotor bisa membuat kualitas kayu menjadi rusak.

3. Harga

Sejak dahulu memang kebanyakan kusen dibuat dari bahan kayu. Namun saat ini susah sekali mencari kayu yang berkualitas tinggi sehingga mengakibatkan harga kusen kayu melonjak sangat tinggi. Sedangkan kusen jenis aluminium memiliki harga yang lebih terjangkau karena mudah ditemukan. Hal ini jugalah yang mendasari kebanyakan orang lebih memilih kusen ini dibandingkan dengan kusen kayu.

4. Variasi

Variasi yang dimiliki oleh kusen kayu lebih banyak karena material ini bisa dibentuk sesuai dengan keinginan pengguna. Bahkan Anda juga bisa menyesuaikan bentuk kusen yang diinginkan. Sedangkan kusen jenis aluminium memiliki variasi yang sedikit dan terlihat lebih laku, karena proses pembuatannya sudah disesuaikan dengan cetakan pabrik.

5. Proses pemasangan

Aluminium memiliki berat massa yang lebih ringan daripada kayu sehingga lebih mudah dalam hal pemasangannya. Untuk pemasangan kusen jenis aluminium biasanya akan menggunakan sistem fischer. Di mana saat pemasangannya akan menggunakan baut yang ditanamkan ke tembok. Kemudian celah yang terbentuk dari kusen tersebut akan diisi dengan karet agar bisa menutup ruang dengan sempurna. Bisa dibilang pemasangan kusen ini cukup ribet. Sedangkan pemasangan kusen kayu sangat simple, Anda hanya perlu menempelkannya pada dinding saja.

Itulah beberapa perbedaan antara kusen kayu dengan kusen aluminium. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Memang penggunaan kusen kayu akan terlihat lebih natural dan alami, namun penggunaan kusen ini juga akan memberikan Anda kenyamanan karena tidak perlu dirawat. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing.